Cari di Google


cita-cita

Saya punya cita-cita. sederhana sih. tapi rasanya susah ya..

Cita2nya adalah, saya ingin:

  1. menghidupkan solat berjamaah, dirumah dan di kantor, TEPAT WAKTU. jadi pas adzan, saya sekeluarga dan teman2 kantor saya sudah siap2 mau solat, berjamaah.
  2. menghidupkan Dhuha, untuk keluarga dan di kantor.
sepertinya gampang ya? oh belum tentu. 

sekarang saya mau mengutarakan rintangan2nya.
untuk yang cita2 saya yang pertama (menghidupkan solat berjamaah):
1. tidak semua orang mau solat berjamaah. kadang ada yang maunya sendiri2 solatnya. padahal kalau sendiri kan rugi. saya aja seringnya solat sendiri, merasa rugi. pahal cuman 1 derajat, dikit banget, dosa berlipet2. kalau solat berjamaah kan bisa 27 derajat, manatahu ditambahin sama Allah, dikasih bonus. 

saya suka ajak temen2 saya untuk solat berjamaah, tapi mereka rata2 ngomongnya, ntar dulu deh. atau lagi nanggung. atau wait, tunggu sebentar. jadilah saya kecewa, saya akhirnya solat sendiri. daripada ga ada yang mau dan mereka semua menunda2 berjamaah. pikir saya, yang penting saya udah ngajak.

Lain hal kalau di rumah. sulit banget nih minta sama mama dan adik saya buat solat berjamaah, padahal tu rumah luas. ruang tengahnya bisa dipake buat solat bertiga. tapi sulit memang kasih tahu mereka. kadang ngomongnya, ngapain sih, biasanya juga sendiri. okelah sendiri2, cuman dapet 1 derajat, dosa nya ga ada. lah ini kan dosa kita banyak, masak dibayarnya cuman sama 1 derajat?

ngejelimet juga. tapi saya tetap berusaha. kan cita2 ini harus diwujudkan. dimulai dari rumah.

2. masalah waktu solat. waktu adzan kan ada kalimat ini nih: Hayya 'alas sholaah... Hayya 'alal falah..
marilah kita solat. marilah kita menuju kemenangan. 
kalau saya pikir arti kemenangan disini adalah artinya, memenangi perang melawan nafsu duniawi kita, entah itu pekerjaan, tontonan, makanan, dll. Kalau kita mau menang, ya kita solat. orang yang mau berjihad, ya harus solat tepat waktu, biar dia bisa menang. menang melawan nafsunya sendiri. untuk urusan waktu solat ini, kadang ada yang menundanya sejam dua jam. dulu saya juga begitu, tapi akhir2 ini saya tidak berani lagi. takut. makin menunda, makin takut. lah, kita aja menunda untuk mendatangi Allah, nanti Allah akan menunda mendatangi kita. Ngeri kan?

"Demi masa,[1]. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian,[2]. kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasihat menasihati supaya menetapi kesabaran.”[3] " (Qs Al-Ashr 1-3)

Saya suka sedih kalau membaca surah ini. Sedih, karena dulu saya sering enggak solat, enggak mau solat berjamaah, tidak mengajak keluarga solat berjamaah, tidak kebagian solat berjamaah di kantor, tidak solat gara2 mens.. Banyak banget deh sedih saya. Apalagi kalau ingat dosa2 saya. Kalau sudah baca ayat ini, dari awal saja, Demi Masa.. langsung tepok jidat. malu sama Allah. Malu beuuudddd...


masalah waktu solat ini mengajarkan kepada kita langsung, untuk disiplin.
disiplin ini makanannya orang sukses, di dunia dan akhirat. Saya yakin banget sama hal ini. Saya termasuk orang yang males. Jadi pas saya tahu keutamaan orang yang solat tepat waktu, langsung saya print jadwal solat dan langsung saya laksanakan, sesuai dengan jadwal. Harapan saya, ketika kita mendatangi Allah tepat waktu, Allah pun akan mendatangi kita tepat waktu. enggak ditunda, atau enggak dilupakan.

ngeri kalau Allah melupakan kita.

"Dan janganlah kamu seperti orang-orang yang lupa kepada Allah, lalu Allah menjadikan mereka lupa kepada mereka sendiri. Mereka itulah orang-orang yang fasik." (Al Hasyr(59):19)

Jangan sampai deh kita disamain Allah dengan orang2 yang fasik. orang2 yang masuknya ke neraka jahannam.

untuk yang cita2 saya yang kedua (menghidupkan Dhuha):

Nah, yg ini agak sulit juga. waktu pertama dulu, saya ajak ibunda buat solat Dhuha, dia sempat tidak mengerjakan, namun karena hidayah dari Allah, jadilah dikerjakan. setiap hari 2 rakaat. ketika tahu fahilah solat dhuha akhir2 ini, saya langsung bilang lagi: "Mah, kalo mau dicukupin rezekinya selama 1 hari-an penuh sama Allah, mama solat dhuhanya 6 rakaat."

entah ibu saya lakukan atau tidak (6 rakaat), yang pasti saya kasih tahu terus, biar sama2 solat dhuha 6 rakaat.

itu baru ibu saya, belum adik saya. adik saya ini tipe saklek. subuh aja kudu diobrak-abrik sama ibu saya. kalo bangun, hobinya lewat dari jam 8 pagi. tapi saya enggak mau nyerha, saya bilang, agar Allah memudahkan urusan, solat dhuha dulu. mulai dari 2 rakaat, naik jadi 4 rakaat, naik lagi. suka saya tanya, udah dhuha belom? dhuha dulu, biar urusannya dibantu sama Allah.

kalo untuk teman2 kantor, saya juga sering bilang. Kalo mau gaji naik, dhuha dulu. kalo mau cari jodoh, dhuha dulu. kalo mau makan gratis ya.. dhuha lagi. karena kan urusan itu, Allah - ikhtiar - Allah lagi - Allah terus.

Sedikit2 yang sulit ini saya pupuk. namanya cita2 ya saya pengen banget wujudkan. saya kan makhluk penuh dosa. saya aja sampe ngeri liat kebelakang, dosa2 saya itu numpuk kayak apaan tau... 


semoga cita2 saya ini dimudahkan sama Allah. aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar