Cari di Google


bukan alasan mereka

saya ini baru kenal ilmu sedekah. ternyata sedekah itu luar biasa ya efeknya. dan janji Nya juga terpatri di Al-Qur'an surah Al-Baqarah 261. belom hadist2 tentang sedekah.
--

suatu hari, saya lupa hari apa, saya pulang, naik bis ijo. saya duduk deket pintu keluar pertama. saat itu, saya ngerasa duit bisnis hasil jualan lontong sama gantungan kunci lagi penuh di dompet. jadi saya niatin buat sedekah. tapi saya bingung mo kasi ke sapa.

lalu disebelah saya, duduklah ibu2 berumur 40 tahunan.

bis ijonya jalannya rada ugal2an. lalu pas berenti, naikin penumpang, ada yang ngamen masuk. bapak2.
nyanyilah dia, lalalalala... saya mikir, ini pasti jalan Allah, ya udah saya kasih aja uang untung saya jualan ke dia, sepuluh ribu.

saya lihat ibu2 disebelah saya juga ngeluarin uang, tapi recehan. dia ngengkat alis sambil senyum ke saya waktu lihat uang sepuluh ribu saya berpindah tangan. saya? seperti biasa, nyengir aja.

ibu2 itu nanya ke saya, kerja dimana, bagian apa. sepertinya dia belom ngerti itu bagian kerjanya apa. soalnya pas saya jawab, dari body languagenya, malah dia yang sibuk mikir lagi. dari raut mukanya, saya menangkap ada raut wajah stres yang dalam.

lalu, naiklah lagi, pengamen. dua orang anak muda, bawa gitar ama drum. nyanyilah mereka, lalalalalaaaaaa....

saya keluarin lagi duit untung jualan saya hari itu. segulungan dua ribu, yang ditotal jadinya 20 ribu.
ibu2 itu juga ngeluarin uang, masih recehan. dia hampir menahan tangan saya untuk memberi segulungan dua ribu itu. tapi tetep saya nyengir. saya tetep kasih ke pengamen itu.

lalu si ibu bilang, "Bagus kamu kalau begitu.. terusin ya!! Habis kalau kita kasih gede, nanti orang2 itu malah makin males, malah makin gak mau cari kerja yang bener, gitu.. "

saya nyengir.

"Iya, nanti jadi malas mereka.."

lalu saya nyaut,"Gak apa2 bu, buat mereka makan..."

sekejap ibu itu ternganga mendengar jawaban saya. "Wah.. bagus itu.. bagus!! Teruskan ya! Bagus itu!" sambil mengacungkan jempolnya.

saya nyengir lagi.

lalu tiba2 ibu2 itu bergegas ke arah pintu. oh ternyata dia bawa putrinya. turun lah mereka di Benhil. saya memperhatikan gerakan ibu itu sekilas, karena bis ijonya nge gas cepet bner. dia masih terburu2 entah ngejar apa. kayaknya putrinya habis diantar melamar kerja, soalnya putrinya berpakaian rapi, putih hitam, khas pelamar kerja.

wah mudah2an ibu itu terbuka matanya. bersedekah jumlah besar agar putrinya bisa kerja di perusahaan yang Allah ridhai.

--

seperti ibu2 itu. saya dulu juga begitu. suka banyak alasan kalau mau kasih uang banyak.
"Kan senyum juga ibadah.."
"Tasbih, tahmid, takbir juga kan sedekah.."
"Dhuha aja... kan sedekah juga.."
"Kasihnya dikit aja, yang penting ikhlas.."
"Jangan bilang2 kasihnya, jangan sampai orang tahu..."
"Kalau dikasih terus kan dia bisa makin malas, makin ngegampangin duit!"
"Jangan dikasih tu orang malas begitu, masih sehat pulak!"
"Mintanya sama orang kaya dong, saya kan masih termasuk golongan rakyat kecil!"
"Bisanya minta2 aja!"

dan segudang alasan lain.

cobalah kita rem sedikit diri kita, sebelum mengeluarkan alasan. Bukan alasan mereka yang harus kita perhatikan. Tapi alasan kitalah yang justru harus kita perhatikan dan renungi. Kita dan mereka sama, sama2 manusia, banyak salahnya. Bukan dengan memberikan alasan dan hinaan, tapi sedekah kita lah yang mereka perlu. Dengan memberi, kita pun akan diberi. Tidak selamanya kita akan berada di posisi seperti sekarang, suatu saat, ketika kita terpuruk, akan tampak banyak rasa sesal.

Renungi kalimat ini,"Bukan alasan mereka untuk meminta sedekah yang harus kita pikirkan, tetapi alasan kitalah yang harus kita perhatikan. Sudah luruskah? Banyak atau sedikit? Karena Allah kah?"



Tidak ada komentar:

Posting Komentar