Cari di Google


buru2 di mesjid

ada sebuah cerita yang ingin saya sampaikan berkenaan dengan mesjid.
mesjid di kampung tempat saya tinggal itu banyak. maksudnya banyak adalah, mesjid jami ada, mesjid yang baru mau dibangun ada, mesjid kecil atau musholla pun ada. ketika adzan tiba, sahut2an deh tuh.

tapi memang dengan segitu banyaknya mesjid, untuk urusan solat di mesjid, tetep jarang ada yang dateng.

saya bersyukur, saya kemarin kemarin lusa dikasih hidayah sama Allah untuk solat di mesjid, padahal saya perempuan. tapi sayangnya cuma dapat pas solat magrib dan isya.

itu juga sempat dikomentari sama ibu saya begini, kok jadi kamu yang merasa wajib ke mesjid sih?
karena seumur2 mungkin beliau dan nenek saya tidak solat di mesjid.
karena mungkin pikirannya kalau perempuan, ya di rumah aja solatnya.
lah saya mikir, di kantor aja, saya usahakan banget untuk solat berjamaah, plus qobliyah ba'diyah, lah dirumah malah solat sendiri. rugi kalau saya bilang. hilang dong pahala 27 derajat nya?
tapi saya blom bilang sampai ke situ ke ibu saya, takutnya belum ngeh gitu.. nanti saja kalau pikirannya sudah agak bening.

kebetulan anak juga mau ikut.
jadilah kami solat di mesjid jami' deket rumah. ngebut jalan kesananya, karena udah keburu adzan.
ga sempet qobliyah lagi, langsung solat magrib jamaah.
lain rasanya yah
yang laki2nya ada 3 baris shaf
ada anak2 laki2 juga. anak saya yang baru pertama kali ke mesjid, terbingung2. tapi dia maunya sama saya saja solatnya, enggak mau ikut barisan laki2. mungkin karena tidak ada yang dia kenal. mudah2an ke depannya dia mau di depan.
pas jamaah meng-amin-kan Al-Fatihah, anak saya bingung juga tampangnya.
yang barisan perempuan? ya enggak ada. ada satu dua perempuan yang datang untuk solat, mereka sepertinya bukan orang daerah tempat saya tinggal. atau kah mereka malaikat Allah yang sedang berkelana? enggak tahu juga saya. yang pasti dua orang perempuan itu menyapa saya dengan ramah, padahal kenal saya juga enggak.

selesai solat maghrib berjamaah dan selesai berdoa, para jamaah langsung bablas angine alias pulang ke rumah. ada satu dua yang ngaji. kakek2 sih rata2. yang muda2 ya pulang. lahh..
ada juga sih yang tidur di pojokan luar, menunggu waktu isya. 

saya bingung, kok ga ada yang ba'diyah ya?kan itu sunah muakkad, mendekati wajib. kalau solat wajib kita ga sempurna kan ditambal oleh yang sunah muakkad ini.

lalu karena semua laki2, saya jadi pulang lagi saja. baru sampai rumah eh udah mau masuk waktu isya. tahu gitu di mesjid dulu, ngaji.
saya ajak lagi anak saya, dia enggak mau malah milih nonton.

haduh saya salah nih.

ya sudah, saya buru2 lagi ke mesjid. dan ga sempet qobliyah lagi, langsung isya.
selepas isya dan berdoa, saya ba'diyah dulu. padahal baru ba'diyah 2 rakaat, eh lampu mesjid dimatiin.
pintu2 udah mau ditutup. wah bisa kekurung di dalam nih.
selepas solat, saya tegur si bapak2 yang mengunci pintu2 mesjid.

"Pak, kok udah bubaran ya?"
si bapaknya kaget. oh saya sering lihat wajahnya. masih orang daerah situ juga. "Eh.. oh... kaget saya! kirain enggak ada orang lagi!! tadi saya enggak lihat! aduhhh maaf ya"
"Hehe iya nih pak lagi pengen aja solat di mesjid."
"Oh gitu ya?"
"Iya, pak. kok engga ada yang ngaji pak?"
"Oh itu... lagi libur..!!"
ngaji pun ada liburnya. padahal mesjid jami' itu kan mesjid besar yang harusnya kegiatannya banyak, termasuk ngaji bersama.
"Oh libur ya? pantas langsung sepi pak. hehehe"
setelah isi tromol mesjid yang sepi uangnya, saya keluar.
duh mesjid kok abis isya dah dimatiin lampunya. pintu dikunci, ditutup semua. lah kalo yang lagi dalam perjalanan ingin solat gimana? susah dong kalau semua mesjid begitu ceritanya.
pas saya keluar ambil sendal, si bapak sudah menunggu di pintu pagar.
"Pak, saya lewat samping saja ya.."
"Oh samping ya? kirain mau lewat depan sini. ya udah. bisa enggak bukanya?"
saya lihat pagar masjidnya sudah dikunci.
"Yah.. pak udah kekunci nih pagernya! gimana ya bukanya?"
buru2 si bapak menghampiri saya, "Enggak dikunci kok, nih gini bukanya dari bawah. Nah kebuka kan? Abisnya kalau enggak dikunci nanti yang mau pipis atau yang yang abis wudhu suka kotor lagi gitu.."
walaupun saya enggak ngerti, tapi saya tetap bilang,"Oh gitu ya pak.."

setelah berpamitan,saya pun buru2 pulang.
sampai rumah saya cerita sama ibu saya.
seperti biasa, wajahnya menunjukkan muka tidak tertarik dengan cerita saya. alis datar2 saja. saya bilangnya muka polos, benar2 tidak ada ekspresinya.

lalu kemarin lusanya, saya niat lagi nih ke mesjid. tapi ingat omongan ibu saya. jangan2 beliau agak tidak rela. saya jadi tidak berani. nanti kalau saya sudah kasih pengertian dan beliau rela anaknya solat di mesjid, baru saya bisa mantap melangkah ke mesjid.
sekaligus sebagai edukasi buat anak saya.
mudah2an ibu saya rela dan ikut solat di mesjid.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar