Cari di Google


Umroh hanya untuk umur 18-50 tahun?


Coba perhatikan youtube live diatas, terus pengen ga kesana?

Lalu gimana yang umurnya di atas 50 tahun tapi pengen umroh? Apa gak bisa banget? Coba kita cek ke berbagai sumber.

Cek Sumber Berita Usia Jemaah Umroh

  • Menurut artikel di Dream.co.id, Arab Saudi memang membatasi usia bagi yang umrah di 18-50 tahun dan Kemenag mulai menyortir dari jumlah calon jemaah umroh yang ada. Padahal lebih dari 50% jamaah umroh itu berusia diatas 50 tahun loh.
  • Menurut artikel di CNN, Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama, Arfi Hatim mengatakan 33 ribu calon jemaah umroh Indonesia tidak memenuhi syarat yang ditentukan pemerintah Arab Saudi dalam hal ini Kementrian Kesehatan Arab Saudi, padahal datanya sudah ada di Sistem Komputerisasi Pengelolaan Terpadu Umrah dan Haji Khusus (SISKOPATUH). Ya Allah!
  • Menurut diy.Kemenag, ada 59 ribu jemaah umroh yang terkena dampak kebijakan Saudi karena pandemi dan tertunda keberangkatannya. Hanya sekitar 26 ribu calon jemaah yang di usia 18-50 dan sudah mendapat nomor registrasi di Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) dan sudah diinput dalam Sistem Komputerisasi Pengelolaan Terpadu Umrah dan Haji Khusus (SISKOPATUH). Bahkan 21 ribu sudah melakukan pembayaran dan 9 ribuan calon jemaah sudah lunas pembayarannya!

Lalu bagaimana kalau pengen umroh diluar usia 18-50 tahun?

Menurut Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Arfi Hatim, bagi calon jemaah yang sudah mendaftar namun belum memenuhi syarat keberangkatan, agar bersabar, dan menunda keberangkatannya hingga pandemi berakhir. Masya Allah!
Kemenag sedang memfinalisasi rancangan Keputusan Menteri Agama atau KMA Penyelenggaraan Umrah di Masa Pandemi yang mengatur persyaratan jemaah umrah juga dengan mempertibangkan ketentuan Arab Saudi, Kemenkes, Kemenkum HAM, Kemenhub, dan Satgas Covid-19 RI. Kita doakan semoga rancangan KMA ini cepat selesai dan aturan mengenai batasan umur 18-50 tahun dan aturan lain untuk melaksanakan umroh ini bisa lebih jelas tersampaikan ke calon jemaah.

Lalu bagaimana dengan Anda, apakah Anda ada di rentang usia 18-50 tahun? Atau Anda sudah melewati batasan usia umroh?

Karena pandemi yang masih saja menghantui banyak negara, menyebabkan keputusan mengenai batasan usia 18-50 tahun untuk umroh ini dikeluarkan pemerintah Saudi. Jika saja tidak pandemi, sekitar 59 ribu jemaah umroh sudah mendapat nomor registrasi dan mungkin bisa berangkat umroh tahun ini.
Hanya ada 360 jemaah Indonesia yang berangkat pada pemberangkatan perdana selama pandemi ini. masya Allah! Memang Allah Penguasa Segala Sesuatu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar