Cari di Google


Aa Gym bilang, dosa suami yang dibuka oleh Allah itu amanah

 Untuk lebih lengkapnya bisa cek video di bawah


Cek mulai di menit 49.35. Dikajian MQ pagi 15 November, judul video Youtubenya adalah Supaya Lapang Dada dan Dimudahkan Urusan.

Ada seorang jamaah wanita bertanya tentang dosa pasangan hidup yang dibuka oleh Allah. Kebetulan saat itu, jawaban dari Aa Gym membuat saya berpikir dan tersentak juga.


Jawaban Aa Gym ada di menit 50.50. Silakan di cek.

Siapa sih yang tidak punya dosa? Ini ibu yang bertanya punya dosa kan? Ya, banyak. Ditutupi Allah kan. Nah, dosa pendamping hidupnya dibuka oleh Allah, itu amanah, seperti apa kita menyikapinya. Kalau menurut Aa, Allah mencintai orang yang tobat. Aa kalau lihat orang terbuka aib, Aa langsung ingat aib-aib yang ditutupi oleh Allah, gimana kalau aib saya dibuka? 
Kira-kira suami gimana kalau aib istrinya dibuka? 
Yang paling penting menatap kedepan, banyak tobat. Kalau kecewa bisa dipahami. Kalau bisa bicara baik-baik bagaimana kesepakatan ke depan. Hidup memang tidak selalu sesuai dengan keinginan kita, tapi kalau ada kepahitan, harus bawa ke tobat, karena dalam surat An Nisa ayat 79: 

وَمَآ أَصَابَكَ مِن سَيِّئَةٍ فَمِن نَّفْسِكَ
dan apa saja bencana yang menimpamu, maka dari (kesalahan) dirimu sendiri.

Referensi: https://tafsirweb.com/1611-quran-surat-an-nisa-ayat-79.html

Kalau ada keburukan menimpa kita, itu karena dosa kita

Masih kata Aa Gym, Apa dosa-dosa kita yang belum kita tobat? Bukan dosa apa yang telah dilakukan. Kenapa ujian ini menimpa saya? Ini pasti diundang oleh dosa saya. Banyak tobat kalau pahit tuh. 

Intinya adalah tobat. Jangan sibuk mencari kesalahan pasangan, toh kesalahan kita juga pasti banyak. Seperti di surat An Nisa 79 di atas, bencana itu karena kesalahan kita. Kesalahan kita lah yang mengundang bencana dalam artian kesedihan dan kepahitan hidup harus kita alami. Jadi cepat-cepat dan sering-sering bertobat.

Kalimat tobat yang paling mudah adalah istighfar. Sholawat juga bisa digunakan agar Allah dapat mengampuni kita dari dosa-dosa kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar